Sidoarjo, NewsPelangi.co.id
Tak perlu jauh-jauh ke pusat mode dunia Paris Van Java untuk belanja tas kulit dengan high quality (kualitas terbaik) . Di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pun ada sentra pembuatannya. Mutunya tak kalah dengan merek-merek internasional sekelas Louis Vuitton dan Hermes.
Setiap tahunnya, tren fashion selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Hal ini terlihat dari preferensi produk dan gaya busana masyarakat Indonesia yang semakin beragam,
Salah satunya, Toko Permata Tanggulangin Collection di Jalan Raya Kludan, Tanggulangin Sidoarjo. Bergerak di bidang fashion, mulai dari tas, sepatu, dompet, sabuk, koper, jaket, bahannya bermacam-macam terdiri dari kulit hewani, ada sebagian juga dari kulit sintetis.
Menurut Rindria, owner toko Permata Tanggulangin menjelaskan, khas disini itu lebih pada kulit hewani dan kualitas barang di sini boleh diadu di pasar internasional.
“Bahannya terbuat dari kulit sapi dan domba berkualitas. Ada yang kelas satu, ada yang kelas dua, Jadi produk yang lagi booming sekarang ini, itu khasnya pada produk kulit,” kata Rindria saat ditemui awak media, Minggu (6/3/2022).
Lanjut Rindria mengatakan, Rata-rata sekarang konsumen lebih memilih produk yang lebih murah, dan kualitas yang baik
“Contohnya yang dengan harga 50 ribu dan lainnya, kita juga lagi ada sale dengan potongan diskon up to 50% untuk beberapa item barang cuman yang khasnya kita disini adalah yang kulit dan produksi sendiri,” ungkapnya
Diketahui, Toko Permata Tanggulangin Collection, dirintis sudah cukup lama dan disini sendiri adalah toko ke tiga asal mulanya mulai dari tahun 2014 hingga sampai sekarang, tetapi produknya mulai dari tahun 1990 an sudah berdiri.
“Saya hanya penerusnya, ayahanda, Aba Nur (H. Nuryono) yang merintis, mulai dari tahun lama, berdiri sejak tahun 1990 an,” tuturnya
Melihat perkembangan industri fashion yang pesat, pelaku bisnis harus bisa kreatif dan adaptif, terutama dalam menciptakan produk fashion unggulan guna memenuhi kebutuhan pasar.
Lebih lanjut, Rindria menilai kampanye belanja, seperti melalui online sangat membantu untuk menyediakan opsi produk fashion yang lebih luas dan beragam bagi masyarakat. Selain itu, belanja item fashion juga semakin mudah dan praktis.
“Adanya kampanye ini tentunya memberikan opsi yang lebih beragam bagi masyarakat secara luas untuk mendapatkan berbagai produk fashion seperti pakaian hingga aksesoris pria dan wanita yang pastinya kece dan up to date. Alhasil, aktivitas berbelanja kebutuhan produk fashion juga jadi lebih mudah dan menyenangkan,” tutur dia
Rindria menambahkan, Pandemi berdampak ke semua lini kehidupan, termasuk lifestyle dan fashion. Hal ini dilihat dari perubahan tren fashion yang terjadi selama pandemi.
“Anjuran di rumah saja membuat orang lebih banyak memegang handphone, karena itu saya berpikir bagaimana cara membuat tampilan promosi sebagus dan semenarik mungkin secara online,” paparnya.
Jika tahun sebelumnya lebih menonjolkan gaya eksperimental dan bold, namun di tahun 2022 ini nampaknya kenyamanan dan fungsi lebih dibutuhkan dalam mengekspresikan gaya mempesona.
(tguh,bn/kuh).